Program Stream Socket
Socket adalah
mekanisme komunikasi yang memungkinkan terjadinya pertukaran data antar program
atau proses baik dalam satu mesin maupun antar mesin. Gaya pemrograman soket
sendiri berawal dari sistem Unix BSD yang terkenal dengan kepeloporannya pada
bidang penanganan jaringan, sehingga sering disebut BSD Socket.
Sedangkan Socket
Stream adalah socket komunikasi full-duplex berbasis aliran (stream) data. Pada
model komunikasi Socket Stream, koneksi dua aplikasi harus dalam kondisi
tersambung dengan benar untuk dapat bertukar data. Ini dapat dianalogikan
seperti komunikasi telepon. Jika sambungan telepon di salah satu titik putus,
maka komunikasi tidak dapat terjadi. Koneksi model seperti ini akan menjamin
data dapat dipertukarkan dengan baik, namun memiliki kelemahan dalam hal
penggunaan jalur data yang relatif besar dan tidak boleh terputus.
Berikut contoh
program client server yang menggunakan stream socket yang dibuat dengan bahasa
C.
- Untuk Client
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
#include <unistd.h>
#include <errno.h>
#include <string.h>
#include <netdb.h>
#include <sys/types.h>
#include <netinet/in.h>
#include <sys/socket.h>
#define PORT 3333 //nomor port yang digunakan
#define MAXDATASIZE 100 //jumlah bytes yang dapat dikirimkan
int main(int argc, char const *argv[])
{
int sockfd, numbytes;
char buf[MAXDATASIZE];
struct hostent *he;
struct sockaddr_in their_addr; //informasi alamat server
if (argc != 2)
{
fprintf(stderr, "usage: client hostname\n");
exit(1);
}
if ((he=gethostbyname(argv[1])) == NULL) //mencari informasi tentang host
{
perror("gethostbyname");
exit(1);
}
if ((sockfd = socket(AF_INET, SOCK_STREAM, 0)) == -1)
{
perror("socket");
exit(1);
}
their_addr.sin_family = AF_INET; //host byte order
their_addr.sin_port = htons(PORT); //short, network byte order
their_addr.sin_addr = *((struct in_addr *)he->h_addr);
memset(&(their_addr.sin_zero), '\0', 8);
if (connect(sockfd, (struct sockaddr *)&their_addr, sizeof(struct sockaddr)) == -1)
{
perror("connect");
exit(1);
}
if ((numbytes=recv(sockfd, buf, MAXDATASIZE-1, 0)) == -1)
{
perror("recv");
exit(1);
}
buf[numbytes] = '\0';
printf("Received: %s", buf);
close(sockfd);
return 0;
}
Berikut penjelasan dari program client:
Program ini
membuatkan client ke server pada hostname:port tertentu. Di dalamnya termasuk
membuat socket, melakukan pengalamatan ke server dan melakukan koneksi ke
server dengan perintah connect().
- Untuk Server
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
#include <unistd.h>
#include <errno.h>
#include <string.h>
#include <sys/types.h>
#include <sys/socket.h>
#include <netinet/in.h>
#include <arpa/inet.h>
#include <sys/wait.h>
#include <signal.h>
#define MYPORT 3333 //nomor port yang digunakan
#define BACKLOG 10 //jumlah koneksi yang diperbolehkan
void sigchld_handler(int s)
{
while(wait(NULL) > 0);
}
int main(void)
{
int sockfd, new_fd; //membuat dan mempertahankan koneksi
struct sockaddr_in my_addr; //ip address server
struct sockaddr_in their_addr; //ip address client
int sin_size;
struct sigaction sa;
int yes=1;
if ((sockfd = socket(AF_INET, SOCK_STREAM, 0)) == -1)
{
perror("socket");
exit(1);
}
if (setsockopt(sockfd, SOL_SOCKET, SO_REUSEADDR, &yes, sizeof(int)) == -1)
{
perror("setsockopt");
exit(1);
}
my_addr.sin_family = AF_INET; //host byte order atau big endian
my_addr.sin_port = htons(MYPORT); //short, network byte order
my_addr.sin_addr.s_addr = INADDR_ANY; //diisi dengan ip address server
memset(&(my_addr.sin_zero), '\0', 8);
if (bind(sockfd, (struct sockaddr *)&my_addr, sizeof(struct sockaddr)) == -1)
{
perror("bind");
exit(1);
}
if (listen(sockfd, BACKLOG) == -1)
{
perror("listen");
exit(1);
}
sa.sa_handler = sigchld_handler; //menghander dead process
sigemptyset(&sa.sa_mask);
sa.sa_flags = SA_RESTART;
if (sigaction(SIGCHLD, &sa, NULL) == -1)
{
perror("sigaction");
exit(1);
}
while(1) //menerima koneksi dengan looping
{
sin_size = sizeof(struct sockaddr_in);
if ((new_fd = accept(sockfd, (struct sockaddr *)&their_addr, &sin_size)) == -1)
{
perror("accept");
continue;
}
printf("server: got connection from %s\n", inet_ntoa(their_addr.sin_addr));
if (!fork())
{
close(sockfd);
if (send(new_fd, "Pengiriman data dengan stream socket berhasil!\n", 14, 0) == -1)
{
perror("send");
}
close(new_fd); //menutup proses
exit(0);
}
close(new_fd);
}
return 0;
}
Berikut penjelasan dari program server
Pada program
server, program ini melakukan prosedur pembukaan koneksi yang di dalamnya
berupa langkah-langkah seperti membuat socket, mengikat socket, menyiapkan
socket, menerima koneksi, dan pengalamatan socket.
Langkah-langkah
menjalankan program
- Simpan program client dengan nama client.c dan program server dengan nama server.c
- Lakukan installasi gcc atau compiler untuk bahasa c lainnya (pada artikel ini menggunakan os fedora)
- #yum install gcc
- Lakukan kompilasi program
- #gcc client.c –o client
- #gcc server.c –o server
- Jalankan program server, kemudian jalankan program client
- #./server
- #./client <ip server>
Berikut tampilan outputnya
1.
Untuk Server
2.
Untuk Client
Referensi:Materi V-Class Gunadarma: Stream Socket Programming
Tidak ada komentar:
Posting Komentar